Jumat, 16 Januari 2015

TANAMAN AKAR WANGI

  Rumput akar wangi (Vetiveria zizanioides, syn. Andropogon zizanoides) adalah sejenis rumput yang berasal dari India. Tumbuhan ini dapat tumbuh sepanjang tahun, dan dikenal orang sejak lama sebagai sumber wangi-wangian. Tumbuhan ini termasuk dalam famili poaceae, dan masi sekeluarga dengan serai atau padi.



 




  Akarnya yang dikeringkan secara teradisional di kenal sebagai pengharum lemari penyimpan pakain tau barang-barang penting, seperti batik dan keris. Aroma wangi ini berasal dari minyak atsiri yang dihasilkan pada bagian akar. Tumbuhan ini merupakan komoditas perdangan  minor walaupun cukup luas penggunaan minyaknya dalam industri wangi-wangian.

  Tanaman akar wangi (Andropogon zizanioides Linn.) merupakan tanaman obat yang merupakan jenis tanaman kasar tegak, berumbai abadi, tingginya 1 sampai 2 meter tinggi, mempunyai akar yang berserat berbau harum. Daunnya teratur dua baris, panjangnya sekitar 1 meter  dan lebar 1 cm atau kurang, dan melipat.


  Selain itu,akar wangi juga ditenun dan akan diciptakan alas piring,taplak meja bahkan sarung bantal yang berbahan dasar akar wangi.








  Berkat tangan-tangan yang kreatif maka terciptalah kerajinan seperti di atas.Kami www.kerajinan-bali.com adalah salah satu perusahaan yang menggunakan bahan dasar akar wangi untuk memproduksi beraneka produk.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar