Jumat, 25 Mei 2012

Kerajinan Tikar Pandan

Salah satu potensi yang ada di Pulau Koloray, yaitu pengrajin tikar. Ada lebih dari sepuluh keluarga di pulau ini yang menekuni kerajinan tikar. keahlian membuat tikar tersebut sudah dilakukan turun temurun dari nenek moyang masyarakat setempat untuk memenuhi keperluan hidup sehari-hari. Selain itu tikar oleh masyarakat setempat juga sebagai salah satu syarat yang harus disediakan oleh pihak pengantin wanita dalam acara pernikahan adat di daerah Kabupaten Morotai. Unik memang!.


Merupakan keterampilan yang sudah diwariskan turun temurun antar generasi di Halmahera Utara. Sebelum dianyam, daun pandan, dibuang dulu durinya, dipotong secara melingkar lalu direbus dan dijemur. Setelah menghasilkan helaian daun yang sudah lemas dan siap dianyam, dedaunan tersebut diiris menggunakan sebuah pisau khusus. Saat lembarannya semakin tipis, baru dimasak dengan memberi zat pewarna. Tujuannya, agar tikar atau anyaman lebih bermotif.

Alat-alat yang digunakan sangat sederhana, yaitu pisau, sigi-sigi berfungsi untuk meluruskan daun, garis-garis berfungsi untuk memotong daun menjadi ukuran kecil dengan ukuran yang sama. tikar tersebut dibuat dari bahan baku yang diambil dari tumbuhan sejenis pandan yang banyak hidup di Pulau tersebut yang disebut buro-buro oleh masyarakat setempat.

Bahan baku tersebut kemudian diolah secara tradisional oleh pengrajin, mulai dari proses membuang duri-duri yang ada di daun pandan, memotongnya menjadi kecil, mengeringkannya, dan memberikan pewarna pada daun kering tersebut dan mengeringkannya kembali di tempat yang teduh agar warnanya tidak luntur. Setelah itu proses penganyaman tikar pun dilakukan. tikar yang dibuat terdiri dari dua lapis. Lapisan atas tikar berwarna-warni dengan corak yang menarik. Sedangkan lapisan bawah tikar berwarna putih gading dengan corak sederhana bergaris merah. Kedua lapisan tersebut nantinya akan digabungkan menjadi sebuah tikar yang nyaman dan cantik

Sumber :sailmorotai2012
Ingin melihat berbagai jenis kerajinan yang unik menarik
menggunakan material Pandan ???
Kunjungi http://www.kerajinan-bali.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar